Sunday, August 18, 2013

Red Velvet Cupcakes Joyofbaking.com

ceritanyaaaah penasaraaaan pengen bikin RVC pake resep nya joy of baking, karena hari ini sekalian bikin sacher buat kakak ipar ku yang besok ultah yowes sekalian laah, mumpung si oven lagi nyala.. :D
rasa nya mmmm... lembuut... tapi aga aneh apa gara-gara buttermilk nya di ganti cuka yaa bukan lemon.. *ngaruh ga siih..?? aku tanya mami ku lebih suka mana cupcake ini apa yang NCC ...?? mommy bilang yg NCC, yang ini ko aga asem yaa..?? pake apa..?? ko lemon kaya gini..??  hmmm... kalo buat aku sih lebih lembut yang ini, tp rada lengket di dinding mulut, kenapa eh kenapaa...?? next time nyoba lagi aaah... :D

buat yang mau coba juga.. boleh niih aku kasih resep sama video tutotial nya.. ^^


Red Velvet Cupcakes:
1 1/4 cups (125 grams) sifted cakeflour --> 125 gr terigu
1/4 teaspoon baking powder --> 1/4 sdt baking powder (aku pake yg double acting)
1/4 teaspoon salt --> 1/4 sdt garam
1 tablespoons (10 grams) regular or Dutch-processed cocoa powder --> 10 gr coklat bubuk
1/4 cup (57 grams) unsaltedbutter, at room temperature --> 57 gr unsalted butter (aku td pake salted orch*d)
3/4 cups (150 grams) granulated whitesugar --> 150 gr gula kastor (aku td pake gula bubuk)
1 largeegg --> 1 butir telur ukuran besar
1/2 teaspoon purevanillaextract --> 1/2 sdt vanili extra (td gada jadi aku skip)
1/2 cup (120 ml) buttermilk --> 120 ml buttermilk (120 ml susu UHT + 1 sdm lemon) td aku pake cuka jd aga aneh, mungkin lain kali pake lemon beneran / yoghurt plain
1 tablespoon liquid red food coloring --> 1 sdm pewarna merah
1/2 teaspoon white distilled vinegar --> 1/2 sdt cuka
1/2 teaspoon baking soda --> 1/2 sdt baking soda (pastikan masih dalam keadaan bagus, kalo td aku sebelum bikin di cek dulu, cara nya cuka + baking soda di satuin kalo berbusa masih bagus, kalo ga berarti udah ga bisa pake)

Cream Cheese Frosting:
8 ounces (227 grams) cream cheese, room temperature --> 227 gr cream cheese suhu ruang
1/2 teaspoon pure vanilla extract --> 1/2 sdt vanilla extra
1/2 cup (60 grams) confectioners' (icing or powdered) sugar, sifted --> 60 gr gula halus / icing sugar
2/3 cup (160 ml) cold heavy whipping cream(double cream) (35-40% butterfat) --> 160 ml whipped cram cair

Cara membuat :
  1. PERTAMA buat dulu buttermilk nya susu UHTnya (bisa di rebus dulu tapi pake api kecil aja sampe hangat-hangat kuku jangan sampe mendidih bentar ajaa) di campurin sama air lemon aduk sebentar kalo tekstur nya jadi pecah berati ini udah jadi buttermilk campur sama warna merah. Kalo pake yoghurt plain tinggal tambahin pewarna aja.
  2. Oia panasin dulu oven nya di suhu 170 c. Siapkan cupcase nya, kalo udah kocok butter sampai lembut (bentar ajaa) tuang gula nya kocok lagi sampai lembut, lalu masukan telur lanjut  vanilli nya.
  3. Campurkan terigu + garam + baking powder + coklat bubuk (jangan lupa di ayak). Masukan terigu ini dikit-dikit (sampe 3x) bergantian dengan buttermilknya. ulangi terus sampe habis. Dikocok dengan low speed (dari awal ngocok aku pake low speed)
  4. Campurkan baking soda + cuka di wadah kecil terpisah aduk sampai berbusa, kalau sudah tuang ke dalam adonan aduk hingga rata dengan spatula sampai rata, dan pastiin adonan benar-benar homogen.
  5. Tuang ke wadah cupcake 1 resep ini aku jadi 9 cupcake.
  6. oven kurleb 25 menit.
  7. Tadaa beres deeh di frosting kalau udah benar-benar dingin yaa...
Frosting cream cheese
  1. Kocok cream cheese sampai lembut, masukan vanilla extra dan gula sampai lembut
  2. setelah itu baru masukan whipedcream cair nya, kocok sampai mengembang
  3. Cream cheese siap di pakai,

0 comments: