Thursday, January 26, 2012

Tips dan Trik Membuat Kue

Suka bikin kue..?? apa baru belajar...?? atau cuma kepingin tau doang ...?? cara nya mudah ketik Reg_spasi_Cake kirim ke dapur masing2... *Plaaaaak
Tenang teman, jangan manyun gitu dong, aku bakal kasih cara-cara nya, gimana supaya kue kalian enak, dan ga bikin kalian manyun heheheh...Pada dasarnya sih cake bisa dibuat dengan berbagai variasi bahan sama berbagai cara pula. Makanya itu ada cake yang rasanya enak,ada yang kemanisan, ada yang gosong ada yang kue nya lembut, atau  bertekstur kasar, ada yang gini, ada gitu. Nah, karena banyak variasi nya dan metode yang ada, teman jangan sampe salah memilih bahan, mencampurkan bahan, serta mengolahnya, karena hal tersebut bisa ajah bikin kue kamu jadi gagal, terus manyun lagi deh *eeeeh... Misal nya begini, (sssstt... ini bahasanya nyontek dari gugel..) "Berbagai variasi bahan dan beragam metode yang kadang menyebabkan cake jadi gagal karena kita salah mengawinkan bahan yang satu dengan yang lain atau kalau “perkawinannya”  sudah tepat, tetapi takaran perbandingannya keliru.Begitu juga dengan metode. Prosedurnya sudah tepat,  tetapi komposisi bahan yang digunakan tidak cocok dengan metode yang dipakai. Misalnya, komposisi bahan untuk sponge cake digunakan untuk butter type cake" . Seperti itulah teman beberapa kutipan tentang bahan dan cara (metode) pembuatan cake. Jadi kita harus seimbang antara memilih , mencampurkan bahan dengan cara pembuatan nya.

Sebelum kalian campurin bahan-bahan ramuan buat bikin kue.. ada baik nya kamu tau dasar nya. Kue yang mau kamu bikin tuh apaan jenis nya, kaya begimana judul nya. Nih aku kasih sedikit ulasan nya ..

1.   SPONGE CAKE

Sponge cake itu  volume nya besar tapi ringan, rasa nya cukup enak, aroma nya cukup harum, daya tahan nya cukup lama, kelembutan nya cukup lembut (cepat kering). Sponge cake itu biasanya di jadiin cake dasar, yang di tambah filling atau isian. Bahan-bahan nya terdiri dari telur, gula, dan tepung, sama ditambahin margarin yang dicairkan. Prosedur pembuatannya, telur dikocok bersama gula sampai mengembang / pucat dari sebelum nya (cara nya supaya tau udah ngembang apa belom, colek aja itu si adonan sedikit pake jari, trus liat kalo dia kaku / udah ga netes itu udah ngembang namanya). abis itu tepung terigu diaduk bersama adonan (jangan kelamaan ngaduk terigunya, asal kecampur ajah, nanti kalo mau di ratain bisa pake spatula (di aduk)), baru kemudian  ditambahkan margarin cair (masukin margarin nya jangan sekaligus juga, bertahap yeee).

2. BUTTER CAKE

 Butter cake itu  volume nya pendek / padat (bukan bantet), rasa nya lebih enak dari pada sponge, aroma nya harum.Kalo bahannya sih kurang lebih sama kaya si sponge cake, tetapi cara pembuatannya beda. Cara nya tu pertamax mentega dikocok sama gula sampai gula hancur / sampe lembut,terus baru di masukin telur nya secara bertahap / satu2. kalo udah rata, baru tambahkan telur yang lain (inget masukin telur nya jangan sekaligus) .Pengocokan nggak boleh dilakukan terlalu lama agar tepung tidak elastis (mengaret) seperti roti dan cake tidak banyak remahnya / biar ga bolong-bolong itu si cake


3. KOMBINASI SPONGE SAMA BUTTER CAKE

Margarin dikocok hingga gula hancur, tetapi tidak dikocok bersama telur. Telur dikocok lagi bersama sebagian gula  secara terpisah. Tepung kemudian bisa dimasukkan ke dalam kocokan margarin lalu dicampur dengan telur yang sudah mengembang. Atau tepung masuk ke dalam telur. Setelah rata, baru dimasukkan kocokan mentega. (Jujur aja aku yang ini belom nyoba, tapi info ajah buat temen-temen semoga berguna.. :D )

4. CHIFFON CAKE


Chiffon cake itu  volume nya kaya sponge cuma lebih gede dan ringan, rasa nya  enak ,aroma nya harum, daya tahan nya lama, dan dia lebih lembut. Bahannya juga standar sama kaya bahan kue pada umumnya. Tetapi prosedurnya beda. Kuning telur di kocok dengan bahan-bahan lainnya (terigu,emulsi, dll). Sementara si putih telur dikocok kaku bersama sedikit gula pasir. Baru kemudian keduanya digabungkan. Pembuatan kue ini tidak menggunakan margarin, tetapi minyak sayur.


 Nah, apa udah ada sedikit pencerahan buat jenis-jenis kue di atas..?? jadi sebelum kalian bikin kue apa, cari tau dulu mau bikin jenis apa.. jangan mau bikin sponge tapi cara nya pake yg chiffon.. kan ga nyambung, jadi kenali dulu jenis kue mu.. oke..

(baca juga tentang Bahan, Cara pembuatan , dan Kesalahan pembuatan cake) judul nya panjang yah kaya kreta ... hehehehe

sumber yang didapat hasil dr googling beberapa bacaan dr om gugel dan majalah kuliner :)

0 comments: