Monday, October 15, 2012

Tips membuat cheese cake

bikin cheese cake emang ga terlalu susah, cuma ada beberapa hal yang harus di perhtaikan. nah beberapa tips nya ini aku ambil dari web nya mba fero tentang Tips Sukses Cheese Cake. sengaja aku ambil dari sana soal le web nya mantep buat nubi kaya aku heheh.. oke deh kita mulai yah tips nya.




Permukaan Cheese Cake Retak.

Permukaan Cheese Cake yang retak ini menurutku karena suhu oven yang terlalu panas. Suhu oven untuk Cheese Cake yang dipanggang Au bain marie (nge tim dalam oven) sekitar 150C-160C selama 60-75 menit. Tapi kalau masih belum matang, trikku adalah 30 menit pertama dipanggang dengan suhu 180C, setelah itu suhu aku turunkan ke 160C untuk mencegah permukaan retak akibat oven yang terlalu panas. Suhu oven ini tergantung dengan jenis ovennya, karena itu pelajari dan pahami oven masing-masing.

Cheese Cake tidak tinggi.

Memang siy, sebenarnya cheese cake ini bukan cake yang mengembang seperti sponge cake. Tapi setelah berkali-kali bikin, aku baru menyadari ternyata cheese cake-ku tingginya tidak jauh berbeda dengan tinggi adonan awalnya. Cheese cake kurang mengembang sehingga cheese cakenya terlihat pendek. Ternyata kemalasanku adalah penyebabnya, hehehe. Jadi selama ini aku maen cemplung aja cream cheese yang aku keluarkan dari kulkas ke adonan telur yang sudah dikocok mengembang. Alhasil adonan jadi encer dan setelah dipanggang cheese cakenya jadi pendek. So sodara-sodara, marilah kita mengocok cream cheese terpisah sampai lembut dan creamy, baru masukkan ke kocokan telur yang juga sudah dikocok sampai kental . Dijamin cheese cakenya jadi lebih tinggi… ^_^
Crust atau alas cake yang terlalu keras.
Ternyata aku manggang crustnya terlalu lama sehingga jadi keras. Sebenarnya aku kelupaan, lagi sibuk ngocok telur, baru nyadar crust di oven belum dikeluarkan padahal udah lebih dari 20 menit. Sebaiknya crust dipanggang maksimal 10 menitan di oven panas, karena nantinya kan juga akan dipanggang lagi bersama-sama dengan adonan cheesenya.
Au Bain Marie bocor!!
Wah, ini penyebab utama cheese cake gagal total. Loyang berisikan adonan cake ini direndam di loyang yang lebih besar yang diisi air.  Jadi supaya loyang bongpas kita tidak bocor, maka pakailah Aluminium Foil yang Heavy Duty. Jangan yang tipis yang biasanya ada di supermarket ya. Belinya di TBK atau aku pernah lihat di KemChicks. Biasanya aku bikin jadi tiga lapis, lalu di pinggir luar loyangnya aku selotip biar ketat dan erat. Atau ada juga yang menggunakan tiga loyang supaya hemat aluminium foil.
Taruh cake di rak paling bawah
Dengan teknik panggang au bain marie, cake tidak akan menjadi gosong, asal air dijaga tidak sampai kering. Karena permukaan cheese cake mendapat ruang yang cukup lapang, hal ini bisa mencegah permukaan cake menjadi kering atau retak.
Cheesecake disebut matang bila seluruh adonan sudah mengeras tapi bagian tengahnya -diameter 5 cm masih bergerak-gerak dan lembab. 
Saat itu, matikan api oven, biarkan suhu panas menurun perlahan agar cheese cake tidak menciut ke bawah, biarkan cake dingin di dalam oven. Setelah benar-benar dingin, simpan cheesecake bersama loyang dalam kulkas supaya crust mantap dan tidak hancur ketika loyang dibuka.

nah itu beberapa  tips dari mba ferona, yang aku alami sih ya itu si au bain marie nya bocoor :(, walau udah pakai berlapis-lapis juga huhuhu.. semoga bermanfaat yaah.. ;)


0 comments: